Jumat, 08 Juni 2012

NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN


NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN
PROGRAM VIDEO PEMBELAJARAN
LINGKUNGAN INDAH TANPA SAMPAH

  I.      PENGANTAR
            Pembuatan media slide ini diilhami oleh penulis terhadap maraknya sampah yang menumpuk dijalanan dan juga kesesuaian kurikulum yang ada di SD kelas III mengenai materi “Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan. Sampah dapat menyebabkan banyaknya penyakit yang timbul akubat sampah. Sampah dapat berada pada setiap fase materi: padat, cair, atau gas. Ketika dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir, terutama gas, sampah dapat dikatakan sebagai emisi. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi. Dalam kehidupan manusia, sampah dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri (dikenal juga dengan sebutan limbah), misalnya pertambangan, manufaktur, dan konsumsi. Hampir semua produk industri akan menjadi sampah pada suatu waktu, dengan jumlah sampah yang kira-kira mirip dengan jumlah konsumsi. Untuk itu penulis membuat media slide yang berjudul “ Lingkungan Indah Tanpa Sampah “.
II.      Sasaran / Auden Program:
Program ini ditunjukan kepada masyarakat umum dan Siswa SD kelas III (Tiga)

III.      Tujuan
      Setelah menyaksikan program ini diharapkan pemirsa dapat menjelaskan:
1.      Apa itu sampah
2.      Dampak yang ditimbulkan oleh sampah
3.      Cara mencegah dan menanggulangi sampah

IV.      Judul Program
” Lingkungan Indah Tanpa Sampah”

V.      Durasi Waktu
      Durasi waktu program ini adalah 15 menit


VI.      Format Program
Program ini menggunakan format dokumenter n animasi

VII.      Garis Besar Isi Program
·         Cerita seseorang membuang sampah sembarangan
·         Mengenai sampah
·         Dampak sampah buat kita
·         Cara mencegah dan menggulangi sampah

VIII.      SINOPSIS.
Program ini menampilkan ”Lingkungan Indah Tanpa Sampah” dalam kehidupan sehari-harikita. Tampilan ini dimulai dari cerita mengenai seseorang yang membuang sampah.Lalu diiringi dengan materi sampah. Kegiatan akhir menampilkan pertanyaan untuk siswa. Lalu diiringi dengan pesan terakhir dari presenter animasi.

IX.      TREATMENT
a.       Tampilan awal yaitu LOGO UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA yang diikuti dengan caption mempersembahkan video pembelajaran yang dilanjutkan dengan caption LINGKUNGAN INDAH TANPA SAMPAH sebagai judul
b.      Di Halaman Rumah
Post membuang sampah lalu dimarahi sama pak yuda saat membuang sampah sembarangan lalu post disuruh nyapu, saat itu novi datang dan post bertanya mengenai sampah

c.       Tampilan mengenai materi sampah
d.      Tampilan akhir yaitu SELESAI yang diikuti dengan caption NAMA-NAMA KRU



X.      NASKAH
NO
VISUAL
AUDIO

1.

CU :
LOGO UNDIKSHA SINGARAJA
(MUSIK RINGAN)
FADE IN : IN-UP-NORMAL

2.

CU :
CAPTION JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

MEMPERSEMBAHKAN
LINGKUNGAN INDAH TANPA SAMPAH
FADE OUT : NORMAL-DOWN-OUT
3.
CU:
ANIMASI SAMPAH
(MUSIK RIANG)
FADE IN : IN-UP NORMAL
4.
MS :
DI HALAMAN RUMAH ORANG SEDANG MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN DI HALAMAN LALU PRESENTER MUNCUL DENGAN MEMBERI PENJELASAN MNGENAI SAMPAH

(MUSIK RIANG)
FADE IN : IN-UP NORMAL
5.
MS:
SESEORANG MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Post : mmm......makanan yang enak yach, uh kenyangnya.
Yuda: aduh.. cpek banget nyapunya, apa ngk ada yang nolongin ya,
Post: ah.. mau buang sampah dulu, pi malas jalannya buang sembarang aja nech. He he eh (dengan ekspresi yang licik tapi lucu)
Yuda: hei...!!!!! dasar buang sampah sembarangan, apa ngak liat to ada tempat sampah, bikin capek nyapu aja, nech sebagai gantinya kamu yang nyapu, dasar....!!! (dengan ekspresi marah)
Post: iya pak.......(dengan ekspresi yang menyedihkan)


Novi: ”Hai post.lagi apa nech tumben kamu nyapu, biasanya lo disuruh nyapu marah-marah”
post: ”iya nech vi. Gara-gara buang sampah sembarangan aku dimarahi jadinya disuruh nyapu sama pak yuda.
presenter: oh begitu post.”
Novi:” post sampahnya banyak banget yach.”
Post:” iya yach, vi boleh ngak aku nanya dari tadi aku nyapu neh sampah, pi aku ngak tau apa sich sampah itu?”
6.
MS :
GAMBAR SAMPAH
OSV
Hai adik-adik barusan kita sudah menyaksikan dimana ada seseorang yang buang sampah tidak pada tempatnya ah itu kelakuan yang tidak baik ya, jangan ditiru! Mungkin adik-adik belum tau apa itu sampah, gimana dampak sampah buat lingkungan sekitar, penyakit-penyakit apa yang disebabkan sampah dan bagaimana cara pencegahan agar tidak sampah itu menumpuk terlalu banyak.

7.
MCU:
SAMPAH
(MUSIK RIANG)
CROSS FADE : NORMAL-DOWN-CROSS-IN-NORMAL
8.
MCU :
GAMBAR SAMPAH
(MUSIK RIANG)
FADE IN : IN-UP-NORMAL
OSV
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan produk buatan makhluk hidup, dalam proses alam tidak ada sampah anorganik, yang ada hanya sampah organik. Pembuangan sampah anorganik yang tidak pada tempatnya dapat menimbulkan dampak negative pada lingkungan dan menimbulkan berbagai macam penyakit.


9
MS:
GAMBAR SAMPAH
(MUSIK RIANG)
FADE OUT : NORMAL-DOWN-OUT

10.
MCU:
GAMBAR SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK
sampah dibedakan mejadi 2 yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya.  Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton.

11.

MS:
ANIMASI SAMPAH

(MUSIK RIANG)
FADE OUT : NORMAL-DOWN-OUT
OSV
Akibat terlalu banyaknya sampah membuat kita makin menjauhi lingkungan sekitarnya. Padahal kalau kita membuang sampah pada tempatnya tidak akan seperti ini.
12.
MCU:
DAMPAK SAMPAH
Sampah merupakan hasil sampingan dari kegiatan manusia sehari-hari. Jumlah sampah yang semakin besar memerlukan pengelolaan yang harus dilakukan  secara bertanggung jawab. Selama tahapan penanganan sampah banyak kegiatan dan fasilitas yang bila tidak dilakukan/disediakan dengan benar akan menimbulkan dampak yang berpotensi mengganggu lingkungan. berikut ini merupakan dampak yang ditimbulkan akibat masalah sampah, semoga bermanfaat.
1. Pencemaran Air
Prasarana dan sarana pengumpulan yang terbuka sangat potensial menghasilkan lindi terutama pada saat turun hujan. Aliran lindi ke saluran atau tanah sekitarnya akan menyebabkan terjadinya pencemaran.
2. Pencemaran Tanah
Pembuangan sampah yang tidak dilakukan dengan baik misalnya di lahan kosong atau TPA yang dioperasikan secara sembarangan akan menyebabkan lahan setempat mengalami pencemaran akibat tertumpuknya sampah organik dan mungkin juga mengandung Bahan Buangan Berbahaya (B3). Bila hal ini terjadi maka akan diperlukan waktu yang sangat lama sampai sampah terdegradasi atau larut dari lokasi tersebut. Selama waktu itu lahan setempat berpotensi menimbulkan pengaruh buruk terhadap manusia dan lingkungan sekitarnya.
3. Dampak Sosial
Hampir tidak ada orang yang akan merasa senang dengan adanya pembangunan tempat pembuangan sampah di dekat permukimannya. Karenanya tidak jarang menimbulkan sikap menentang / oposisi dari masyarakat dan munculnya keresahan. Sikap oposisi ini secara rasional akan terus meningkat seiring dengan peningkatan pendidikan dan taraf hidup mereka, sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan dampak ini dan mengambil langkah-langkah aktif untuk menghindarinya.
13.
MCU:
CARA MENCEGAH DENGAN MENDAUR ULANG SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS
Sampah organik sebagai bahan baku dimasukan kedalam mesin kofier input menuju mesin pencacah dengan bahan bakar solar. Kemudian menghasilkan hasil pencacahan seperti ini. Kemudian masukkan ke blog 1 , ke 2, hingga ke 6. Pada blog ke 6 pupuk sudah bias dipakai namun perlu diadakan penyempurnaan agar pupuk  tersebuk hancur. Kemudian dicacah kembali kemesin pencacah  agar seperti tepung. Kemudian diambil dan dimasukan kedalam mesin pengayakan agar bentuknya lebih  menarik dan halus. Lalu dimasukan kemesin granule untuk mendapatkan bentuk seperti serbuk. Itulah hasil akhir dari daur ulang sampah organic.

14.
MS:
PEMAIN
Novi : begitu post beberapa hal mengenai sampah. Kamu negertikan.
Post: iya aku ngerti vi.
Novi: ya sudah, sekarang kamu lanjutin nyapumu, ntar pak yuda marah lagi lho.
15.
WIDE
MS : ANIMASI PRESENTER

16.
CUT
PRESENTER
CU : ANIMATION CAPTION
  1. JELASKAN YANG DIMAKSUD DENGAN SAMPAH!
  2. JELASKAN DAMPAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN !
  3. BAGAIMANA CARA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI SAMPAH!
MUSIK : UP-DOWN-UNDER
OSV
1. Jelaskan yang dimaksud dengan sampah!
2. Jelaskan Dampak Membuang sampah sembarangan !
3. Bagaimana Cara Mencegah Dan Menanggulangi Sampah!
Tulislah keempat pertanyaan tersebut, lalu tulis jawaban pada kertas anda dan jangan lupa menulis identitas anda di sudut kanan atas kertas. Waktu untuk menulis jawaban adalah 20 menit.

17.
WIDE
MS : ANIMASI PRESENTER
Adik-adik, demikianlah tayangan video pembelajaran tentang samapah. Semoga ada manfaatnya bagi adik-adik, sampai jumpa !
18.
MS:
THE END


19.

CUT
CU : ANIMASI KERABAT KERJA
KERABAT KERJA
SUTRADARA/PENULIS NASKAH : HERY EKA MARTANA
PEMAIN :
  1. SUGIANTA SEBAGAI POST
  2. YUDA SEBAGAI PAK YUDA
  3. NOVILIA SEBAGAI NOVI
PENATA MUSIK :
  1. HERY EKA MARTANA
  2. SUGIANTA
  3. PARTANA
  4. YUDA
PENATA BUSANA DAN RIAS :
  1. PAWITRI
  2. HARDIANI
  3. ARIK
  4. RATNA DEWI
EDITING :
  1. HERY EKA MARTANA
  2. SUGIANTA
  3. YUDA
  4. PARTANA
  5. PAWITRI
  6. RATNA
  7. ASRI UTARI
  8. HARDIANI
  9. NOVILIA
  10. ARIK
JURU KAMERA :
  1. HERY EKA MARTANA
  2. AFIF AMRIZA
PENGARAH ACARA :
ASRI UTARI
PRODUSER :
GEDE PARTANA

MUSIK  : UP-DOWN-UNDER

CUT
CU : VIDEO SAAT KERJA
TERIMA KASIH KEPADA
KETUA JURUSAN TP
FIP UNDIKSHA

PEMBINA MATA KULIAH
VIDEO PEMBELAJARAN :
  1. Dr. I Made Tegeh ,S.Pd.,M.Pd.
  2. I Gde Wawan Sudatha ,S.Pd.,S.T., M.Pd.


ADI GUNA WIARSA
IDA SLAMET S.
DAN TEMAN-TEMAN SEMESTER V KELAS B

@COPYRIGHT
2012
MUSIK : UNDER

1 komentar:

  1. Bagus gan, saya suka dengan model paparannya berbentuk tabel dan saya juga menulis artikel yang sama http://www.blogkopinet.web.id/2017/04/Membuat-Video-Profil-Website-Untuk-Jasa.html

    BalasHapus